GLADIAN PIMPINAN REGU

Pendidikan kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakulikuler yang wajib dilaksanakan di sekolah yang dapat menumbuhkan sifat kemandirian dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Melalui pendidikan kepramukaan ini dapat dilakukan pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila, pendidikan pendahuluan bela negara, kepribadian dan budi pekerti luhur, berorientasi, pendidikan kewiraswastaan, kesegaran jasmani dan daya kreasi, persepsi, apresiasi dan kreasi seni.

Gerakan pramuka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah merupakan tempat pendidikan  bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraan, penuh pendidikan dan dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun jam-jam keluarga. Sebagai satu-satunya kegiataan kepanduan, pramuka diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik pada sikap yang baik. Sikap yang baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala pikiran dan perbuatan, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan segala sikap yang lain. Singkat kata, diharapkan anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan janji pramuka.

Dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan Kwarcab Garut Untuk membekali dewan penggalang dan pimpinan regu dan wakil pimpinan regu agar pelaksanaan latihan pramuka lebih efektif maka perlu diadakan gladian untuk pimpinan regu dan dewan penggalang (Dianpinru). Dengan kegiatan Dianpinru diharapkan adik-adik anggota dewan penggalang yang berada di gugus depan mempunyai bekal materi kepramukaan yang lebih baik sehingga, dalam kegiatan pramuka lebih semangat karena termotivasi oleh kakak-kakaknya dari dewan penggalang.

Tujuan dari kegiatan DIANPINRU ini adalah untuk membekali materi kepramukaan kepada pimpinan regu dan dewan penggalang sehingga, mereka mempunyai pengetahuan dan ketrampilan yang lebih dibanding anggota pramuka yang lain, sehingga lebih siap mendampingi adik-adiknya saat latihan pramuka. Pelaksanaan DIANPINRU ini dilaksanakan hari sabtu tanggal 22 Mei 2024 diikuti oleh 168 penggalang dan siaga perwakilan dari 42 kecamatan bertempat di SOR R.A.A Adiwijaya (Ciateul), Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Rabu (22/5/2024). Bertajuk “Cerdas, Tangkas, Berkarakter”.

Ketua Kwarcab Garut Kak. Dr. Helmi Budiman Bertindak sebagai pembina upacara. Dalam sambutannya beliau berpesan yang ditujukan kepada seluruh peserta DIANPINRU bahwa kalian terpilih sebagai peserta DIANPINRU agar dapat memberi contoh yang baik bagi  teman-teman dan adiknya, dan dapat menjadi pemimpin yang bijaksana, semoga kegiatan ini dapat diikuti oleh semua peserta dengan baik serta berjalan lancar sesuai dengan rencana. Acara diisi dengan Materi : Dinamika Kelompok Tata Upacara, Baris berbaris dengan tongkat, latihan mendirikan tenda, tali temali Pioneering, Sandi Morse, Semaphore, menaksir peta pita, peta lapangan, peta panorama, diakhiri dengan Pelantikan DP dan upacara penutupan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *