Bimbingan Sistem Pengelolaan Informasi dan Administrasi Pramuka Digital oleh Kwarran Kersamanah

Pada tanggal 18 Mei 2024 Kwartir Ranting (Kwarran) Kersamanah mengadakan kegiatan bimbingan sistem pengelolaan informasi dan administrasi Pramuka digital. Acara ini diikuti oleh perwakilan dari berbagai gugus depan, mulai dari Siaga, Penggalang, hingga Penegak. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan administrasi digital dan pengelolaan informasi dalam gerakan Pramuka, sehingga dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat.

Peserta dan Lokasi Kegiatan

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) PGRI Kecamatan Kersamanah ini dihadiri oleh semua pengurus Kwarran. Para peserta yang terdiri dari anggota Pramuka dari berbagai jenjang ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti setiap sesi pelatihan. Hal ini menunjukkan keseriusan mereka dalam meningkatkan kualitas administrasi dan pengelolaan informasi dalam organisasi mereka.

Sambutan Ketua Kwarran

Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Kwarran Kersamanah, Kak Dudung Sudjana. Dalam sambutannya, Kak Dudung menekankan pentingnya penguasaan teknologi digital dalam pengelolaan organisasi Pramuka. Beliau mengapresiasi semangat para peserta yang rela meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan ini. “Dengan kemampuan administrasi digital yang baik, kita dapat mengelola data dengan lebih efektif dan efisien, sehingga kegiatan Pramuka dapat berjalan lebih lancar dan terorganisir,” ujar Kak Kwarran.

Pembukaan oleh Sekretaris Kwarcab Garut

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris Kwartir Cabang (Kwarcab) Garut. Dalam pidatonya, Sekretaris Kwarcab Garut menyampaikan bahwa kemampuan pengelolaan informasi dan administrasi yang baik sangat diperlukan dalam era digital ini. Beliau berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal bagi semua peserta untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan mereka di bidang teknologi informasi.

Materi dan Pelatihan

Selama kegiatan, para peserta diberikan berbagai materi mengenai pengelolaan informasi digital, termasuk penggunaan aplikasi administrasi, pengelolaan database anggota, serta teknik-teknik dasar dalam administrasi digital. Pelatihan ini disampaikan oleh narasumber yang berpengalaman di bidang teknologi informasi, yang memberikan pengetahuan praktis yang dapat langsung diterapkan oleh para peserta dalam kegiatan sehari-hari di gugus depan masing-masing.

Antusiasme dan Harapan

Antusiasme para peserta terlihat dari keaktifan mereka dalam sesi tanya jawab dan diskusi. Banyak peserta yang mengajukan pertanyaan dan berbagi pengalaman mereka terkait dengan tantangan yang dihadapi dalam administrasi dan pengelolaan informasi di gugus depan. Semangat ini menunjukkan keinginan kuat para peserta untuk belajar dan beradaptasi dengan teknologi digital.

Kegiatan bimbingan ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi perkembangan gerakan Pramuka di Kecamatan Kersamanah. Dengan pengelolaan informasi dan administrasi yang lebih baik, kegiatan Pramuka dapat berjalan lebih terstruktur dan efisien, serta mampu menjawab tantangan zaman yang semakin kompleks.

Penutup

Kegiatan bimbingan sistem pengelolaan informasi dan administrasi Pramuka digital ini merupakan langkah positif yang diambil oleh Kwarran Kersamanah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan Pramuka. Semoga kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi Kwarran lainnya untuk melakukan hal serupa, demi kemajuan gerakan Pramuka di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *